Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Java Dasar Manipulasi JPanel Dengan Mudah

Belajar Java Dasar Manipulasi JPanel Dengan Mudah

Belajar Java Dasar Manipulasi JPanel Dengan Mudah - Ini adalah lanjutan dari Belajar Java Programming JPanel Tingkat Dasar. JPanel tidak hanya dapat digunakan sebagai layer untuk Content Pane, namun juga sebagai tempat widget, JPanel ini juga dapat melakukan berbagai macam hal.

Pada kesempatan ini akan diperlihatkan bagaimana dasar JPanel dimanipulasi dengan proses yang cukup simpel namun juga penting untuk diketahui, yaitu dengan menambahkan beberapa panel berwarna pada content pane.

Contoh :
import java.awt.Color;

import javax.swing.*;

public class ContohPane{

    public JPanel membuatContentPane(){
     
        JPanel panelKu = new JPanel();
        //Membuat objek JPanel
        //Objek JPanel ini sebagai layer dasar untuk meletakkan 
        //segala sesuatunya.
        
        
        panelKu.setLayout(null);
        //JPanel secara normal dikontrol oleh interface yang 
        //disebut LayoutManager yang membantu kita untuk menempatkan 
        //widget dengan cepat.
        
        //Untuk saat ini, widget ditempatkan secara manual, sehingga LayoutManager
        //pada content pane dibuat null
        
        // Sekarang kita buat panel baru 
        // dan meletakkannya pada JPanel dasar.
        JPanel panelHijau = new JPanel();
        panelHijau.setBackground(Color.green);
        panelHijau.setLocation(10, 10);
        panelHijau.setSize(50,50);
        panelKu.add(panelHijau);
        
        JPanel panelMerah = new JPanel();
        panelMerah.setBackground(Color.red);
        panelMerah.setLocation(115, 10);
        panelMerah.setSize(50, 50);
        panelKu.add(panelMerah);

        JPanel panelOrange = new JPanel();
        panelOrange.setBackground(Color.orange);
        panelOrange.setLocation(220, 10);
        panelOrange.setSize(50, 50);
        panelKu.add(panelOrange);
        
        //setBackground(Color.), untuk mengatur warna background panel
        //setLocation(), untuk mengatur lokasi panel, default adalah (0,0)
        //setSize(), untuk mengatur ukuran panel 
        //Untuk menambahkan panel-panel baru ini pada layer
        //JPanel dasar, secara mudah menggunakan syntax add(). Karena
        //bila tidak menambahkan widget pada Content Pane, maka
        //tidak akan ditampilkan
         
        panelKu.setOpaque(true);
        //Kita set JPanel menjadi Opaque, sebelum mengembalikan JPanel
        //dasar, sehingga dapat diset sebagai content pane.
        
        return panelKu;
        //Mengembalikan JPanel
        //JPanel ini dapat secara otomatis menyesuaikan ukurannya
        //untuk menampung semua widget yang diletakkan diatasnya.
         
    }

    private static void buatDanTampilkanGUI() {

        JFrame.setDefaultLookAndFeelDecorated(true);
        JFrame frame = new JFrame("Ada JPanel Di Sini!");

      
        ContohPane paneKu = new ContohPane();
        frame.setContentPane(paneKu.membuatContentPane());

        
        frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
        frame.setSize(300, 150);
        frame.setVisible(true);
    }

    public static void main(String[] args) {
        
     
        SwingUtilities.invokeLater(new Runnable() {
            public void run() {
             buatDanTampilkanGUI();
            }
        });
    }
}


Output :

Memahami Dasar Manipulasi JPanel Dengan Mudah
Manipulasi JPanel

Beberapa hal yang penting untuk diingat di sini, JPanel adalah merupakan wadah dan kita bisa membuatnya bersarang (nested).

Jika kita memiliki beberapa widget yang perlu ditetapkan dengan urutan tertentu, maka tempatkan widget-widget itu pada JPanel.




Kita bisa memindahkan JPanel disekitar layar tanpa harus mengubah urutan atau menempatkan widget  di dalam JPanel tersebut.

Juga perlu diingat, JPanel tidak  benar-benar digunakan untuk menggambar pada layar.

Disini kita hanya mewarnainya, sehingga memudahkan kita untuk memahami penempatan dan mengatur ukuran objek pada layar. Untuk menggambar dalam Swing, ada package terpisah yaitu Graphics2D.

Semoga pembahasan kali ini pada Belajar Java Dasar Manipulasi JPanel Dengan Mudah, dapat banyak membantu anda untuk memahami dasar GUI pada Java.

Post a Comment for "Belajar Java Dasar Manipulasi JPanel Dengan Mudah"