Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Java Dasar JFrame

Belajar Java Dasar JFrame

Belajar Java Dasar JFrame - JFrame adalah jendela utama yang kita gunakan untuk menampilkan komponen yang kita inginkan pada layar, atau dengan kata lain, JFrame digunakan untuk mendesain model tampilan yang didalamnya dapat kita tempatkan komponen-komponen lainnya.
Nampak sederhana bukan? Namun, dibalik kesederhanaanya, bila kita ingin membuat GUI, yang pertama kali kita harus kuasai adalah penggunaan JFrame.

Dibawah ini adalah deklarasi  javax.swing.JFrame class:
public class JFrame extends Frame implements WindowConstants, Accessible, RootPaneContainer


Contoh 1 :
import javax.swing.*;
/**
Package ini mengandung semua Komponen Swing dan Class-class nya, 
jadi kita perlu mengimportnya ke dalam program. 
*/
public class ContohFrameKu {
/**
Nama class yang dibuat adalah ContohFrameKu, pada class ini 
terdapat 2 method yaitu buatDanTampilkanGUI() dan main().
*/ 
    
    public static void main(String[] args) {
        
        SwingUtilities.invokeLater(new Runnable() {
         
         public void run() {
          
          buatDanTampilkanGUI();
          
          }
         });
    }
/**
Method main(), pastinya sudah familiar dengan method ini
yang merupakan methodprimer, dan mulai dari method inilah 
progam dieksekusi.Dan kode didalamnya lebih menarik, dan 
juga sangat penting.Method ini menggunakan class didalam 
package swing untuk menjadwalkan tugas saat pengiriman thread. 

Tugas ini akan memastikan bahwa GUI akan dibuat dan ditampilkan 
pada layar, dan juga penting bahwa GUI dieksekusi menggunakan 
method ini, sehingga GUI akan menjadi thread-safe.

Dalam pengertian sederhana, sebuah thread pengeksekusian dapat 
diartikan sebagai tugas yang dijalankan oleh prosesor. Prosesor 
modern dapat menangani banyak sekali thread sekaligus. Setiap 
thread mungkin menggunakan, atau jugamungkin tidak menggunakan 
alamat tempat / memori dan prosesor yang sama. 

Ketika GUI menjadi thread-safe, maka GUI ini tidak akan 
menjadi lambat atau menghilang ketika eksekusi simultan 
dari berbagai thread terjadi, dan GUI juga tidak akan memonopoli 
atau mengontrol sumber yang mungkin dapat membuat thread lainnya 
menjadi lambat.
Maka penting sekali GUI ditampilkan dengan cara ini.

Jadi, method main () akan memanggil method buatDanTampilkanGUI(),
dengan cara yang thread safe.
*/

    private static void buatDanTampilkanGUI() {
/**
Method buatDanTampilkanGUI()berfungsi untuk membuat 
JFrame secara aktual. Membuat sebuah JFrame hampir sama 
dengan membuat objek. String yang kita gunakan sebagai 
sebuah argumen ketika kita membuat JFrame akan menjadi 
judul JFrame tersebut.
*/  
    
        JFrame frame = new JFrame("[=] Selamat Datang Di Pemrograman Java [=]");
/**
Objek JFrame dibuat, namun selanjutnya kita perlu 
untuk menampilkannya. Secara default lebar dan tinggi 
JFrame adalah 0 pixels, tentu saja kita tidak bisa melihatnya. 
Jadi kita harus mengatur ke ukuran sesuai dengan keinginan kita. 
Dan JFrame tersebut memiliki judul Selamat Datang Di 
Pemrograman Java.
*/ 
        
        frame.setSize(400, 100);
/**
Dengan method setSize(), JFrame diatur dengan ukuran 
400pixels (x-axis) dan tinggi 100 pixels (y-axis).
*/
        
        frame.setVisible(true);
/**
Method setVisible() digunakan untuk menyembunyikan dan 
menampilkan komponen-komponen dengan cepat. 

Secara default, Jframe tidak ditampilkan, dan secara 
visual bernilai false. Maka jika kita ingin menampilkan 
JFrame tersebut, maka kita harus mengatur visual 
JFrame tersebut menjadi true. 
*/
        
    }  
}

Walaupun mungkin kode ini terlihat baru, namun jika kita telah mengenal basic dari pemrograman Java, maka akan mudah dimengerti.

Output Contoh 1:

Memahami Dasar JFrame Pada Pemrograman Java
JFrame dengan title Selamat Datang Di Pemrograman Java

Sejauh ini, kita telah membuat JFrame yang sederhana. Walaupun sah-sah saja membuat JFrame seperti ini, namun sebenarnya ada beberapa kode lagi yang dapat ditambahakan pada program sebelumnya untuk membuatnya lebih sempurna.

Alasan ada beberapa kode yang dihilangkan dari program contoh pertama adalah karena kode-kode tersebut bersifat semi-opsional. Namun, juga tentunya ada  alasan lain bila ingin tetap menggunakan kode-kode tersebut.

Contoh 2 :
import javax.swing.*;

public class ContohFrameKuYangBaru{

    private static void buatDanTampilkanGUI() {
    
        
        JFrame.setDefaultLookAndFeelDecorated(true);
        /**Method ini untuk membuat settingan default 
        'Look and Feel'. Secara normal, kita akan menggunakan 
        method ini agar tampilan GUI akan tetap konsisten 
        baik ukuran, posisinya, dan widgetnya. 
        Walaupun GUI ini dijalankan menggunakan sistem
        operasi yang berbeda-beda.
        */
  
        JFrame frame = new JFrame("[=] Selamat Datang Di Pemrograman Java [=]");
        
        frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
        //Untuk meyakinkan operasi secara default 
          akan dihentikan dengan menekan tombol close pada 
          window-bar, dan akan keluar dari program
       
        frame.pack();
        /**
        frame.pack() digunakan untuk mengatur ukuran JFrame 
        secara otomatis sehingga dapat menampung semua 
        widget tanpa mengaturnya secara manual. Karena tidak 
        ada widget didalamnya, maka ketika 
        program dijalankan tampilan layar akan kecil sekali.
 
        frame.pack() digunakan ketika LayoutManagers ditempatkan, 
        sebagai sebuah ukuran minimum yang digunakan untuk banyak 
        widgets,  (kita melakukan ini menggunakan .setMinimumSize()).

        Sampai kita mengetahui bagaimana cara menggunakan 
        LayoutManager, tetaplah menggunakan .setSize() untuk 
        mengatur ukuran frame secara manual. 
        */

        frame.setVisible(true);
    }

    public static void main(String[] args) {
        
     
        SwingUtilities.invokeLater(new Runnable() {
            public void run() {
                buatDanTampilkanGUI();
            }
        });
    }
}

Output Contoh 2:

Memahami Dasar JFrame Pada Pemrograman Java
Ouput Contoh 2

Karena tidak ada widget didalamnya, maka ketika program dijalankan tampilan layar akan kecil sekali.

Demikianlah pembahasan mengenai Belajar Java Dasar JFrame, semoga bisa menambah pengetahuan anda dan juga bermanfaat, terutama bagi anda yang sedang mempelajari program Java.

1 comment for "Belajar Java Dasar JFrame"

  1. Makasih banyak gan atas artikel tutorialnya, Java saya sudah lumayan menguasai tapi dalam pembuatan program GUI nya yang agak kesusahan.

    Waktu mencoba membuat JFrame dengan project baru di Netbeans, sudah langsung ke isi bbrp di source code nya, yang justru itu lah malah membuat makin membingungkan.

    Tapi bila dengan ini, memang dari paling dasar udh lumayan ngerti, nice tutor nya gan!

    ReplyDelete