Belajar Java Dasar JFrame
Belajar Java Dasar JFrame
Belajar Java Dasar JFrame - JFrame adalah jendela utama yang kita gunakan untuk menampilkan komponen yang kita inginkan pada layar, atau dengan kata lain, JFrame digunakan untuk mendesain model tampilan yang didalamnya dapat kita tempatkan komponen-komponen lainnya.Dibawah ini adalah deklarasi javax.swing.JFrame class:
public class JFrame extends Frame implements WindowConstants, Accessible, RootPaneContainer
Contoh 1 :
import javax.swing.*;
/**
Package ini mengandung semua Komponen Swing dan Class-class nya,
jadi kita perlu mengimportnya ke dalam program.
*/
public class ContohFrameKu {
/**
Nama class yang dibuat adalah ContohFrameKu, pada class ini
terdapat 2 method yaitu buatDanTampilkanGUI() dan main().
*/
public static void main(String[] args) {
SwingUtilities.invokeLater(new Runnable() {
public void run() {
buatDanTampilkanGUI();
}
});
}
/**
Method main(), pastinya sudah familiar dengan method ini
yang merupakan methodprimer, dan mulai dari method inilah
progam dieksekusi.Dan kode didalamnya lebih menarik, dan
juga sangat penting.Method ini menggunakan class didalam
package swing untuk menjadwalkan tugas saat pengiriman thread.
Tugas ini akan memastikan bahwa GUI akan dibuat dan ditampilkan
pada layar, dan juga penting bahwa GUI dieksekusi menggunakan
method ini, sehingga GUI akan menjadi thread-safe.
Dalam pengertian sederhana, sebuah thread pengeksekusian dapat
diartikan sebagai tugas yang dijalankan oleh prosesor. Prosesor
modern dapat menangani banyak sekali thread sekaligus. Setiap
thread mungkin menggunakan, atau jugamungkin tidak menggunakan
alamat tempat / memori dan prosesor yang sama.
Ketika GUI menjadi thread-safe, maka GUI ini tidak akan
menjadi lambat atau menghilang ketika eksekusi simultan
dari berbagai thread terjadi, dan GUI juga tidak akan memonopoli
atau mengontrol sumber yang mungkin dapat membuat thread lainnya
menjadi lambat.
Maka penting sekali GUI ditampilkan dengan cara ini.
Jadi, method main () akan memanggil method buatDanTampilkanGUI(),
dengan cara yang thread safe.
*/
private static void buatDanTampilkanGUI() {
/**
Method buatDanTampilkanGUI()berfungsi untuk membuat
JFrame secara aktual. Membuat sebuah JFrame hampir sama
dengan membuat objek. String yang kita gunakan sebagai
sebuah argumen ketika kita membuat JFrame akan menjadi
judul JFrame tersebut.
*/
JFrame frame = new JFrame("[=] Selamat Datang Di Pemrograman Java [=]");
/**
Objek JFrame dibuat, namun selanjutnya kita perlu
untuk menampilkannya. Secara default lebar dan tinggi
JFrame adalah 0 pixels, tentu saja kita tidak bisa melihatnya.
Jadi kita harus mengatur ke ukuran sesuai dengan keinginan kita.
Dan JFrame tersebut memiliki judul Selamat Datang Di
Pemrograman Java.
*/
frame.setSize(400, 100);
/**
Dengan method setSize(), JFrame diatur dengan ukuran
400pixels (x-axis) dan tinggi 100 pixels (y-axis).
*/
frame.setVisible(true);
/**
Method setVisible() digunakan untuk menyembunyikan dan
menampilkan komponen-komponen dengan cepat.
Secara default, Jframe tidak ditampilkan, dan secara
visual bernilai false. Maka jika kita ingin menampilkan
JFrame tersebut, maka kita harus mengatur visual
JFrame tersebut menjadi true.
*/
}
}
Walaupun mungkin kode ini terlihat baru, namun jika kita telah mengenal basic dari pemrograman Java, maka akan mudah dimengerti.Output Contoh 1:
![]() |
| JFrame dengan title Selamat Datang Di Pemrograman Java |
Sejauh ini, kita telah membuat JFrame yang sederhana. Walaupun sah-sah saja membuat JFrame seperti ini, namun sebenarnya ada beberapa kode lagi yang dapat ditambahakan pada program sebelumnya untuk membuatnya lebih sempurna.
Alasan ada beberapa kode yang dihilangkan dari program contoh pertama adalah karena kode-kode tersebut bersifat semi-opsional. Namun, juga tentunya ada alasan lain bila ingin tetap menggunakan kode-kode tersebut.
Contoh 2 :
import javax.swing.*;
public class ContohFrameKuYangBaru{
private static void buatDanTampilkanGUI() {
JFrame.setDefaultLookAndFeelDecorated(true);
/**Method ini untuk membuat settingan default
'Look and Feel'. Secara normal, kita akan menggunakan
method ini agar tampilan GUI akan tetap konsisten
baik ukuran, posisinya, dan widgetnya.
Walaupun GUI ini dijalankan menggunakan sistem
operasi yang berbeda-beda.
*/
JFrame frame = new JFrame("[=] Selamat Datang Di Pemrograman Java [=]");
frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
//Untuk meyakinkan operasi secara default
akan dihentikan dengan menekan tombol close pada
window-bar, dan akan keluar dari program
frame.pack();
/**
frame.pack() digunakan untuk mengatur ukuran JFrame
secara otomatis sehingga dapat menampung semua
widget tanpa mengaturnya secara manual. Karena tidak
ada widget didalamnya, maka ketika
program dijalankan tampilan layar akan kecil sekali.
frame.pack() digunakan ketika LayoutManagers ditempatkan,
sebagai sebuah ukuran minimum yang digunakan untuk banyak
widgets, (kita melakukan ini menggunakan .setMinimumSize()).
Sampai kita mengetahui bagaimana cara menggunakan
LayoutManager, tetaplah menggunakan .setSize() untuk
mengatur ukuran frame secara manual.
*/
frame.setVisible(true);
}
public static void main(String[] args) {
SwingUtilities.invokeLater(new Runnable() {
public void run() {
buatDanTampilkanGUI();
}
});
}
}
Output Contoh 2:
![]() |
| Ouput Contoh 2 |
Karena tidak ada widget didalamnya, maka ketika program dijalankan tampilan layar akan kecil sekali.
Demikianlah pembahasan mengenai Belajar Java Dasar JFrame, semoga bisa menambah pengetahuan anda dan juga bermanfaat, terutama bagi anda yang sedang mempelajari program Java.


Makasih banyak gan atas artikel tutorialnya, Java saya sudah lumayan menguasai tapi dalam pembuatan program GUI nya yang agak kesusahan.
ReplyDeleteWaktu mencoba membuat JFrame dengan project baru di Netbeans, sudah langsung ke isi bbrp di source code nya, yang justru itu lah malah membuat makin membingungkan.
Tapi bila dengan ini, memang dari paling dasar udh lumayan ngerti, nice tutor nya gan!